Tuesday 17 April 2018

Tips Semangat Belajar Menurut Ajaran Agama Islam

Islam adalah Agama yang senatiasa menyuruh kita untuk menuntut ilmu dari buaian (kecil) sampai liang lahat. Salah satu prasyarat utama belajar dalam islam adalah dimulai dari motivasi yang sesuai dengan tuntutan ajaran islam yang termuat dalam kitab Ta’lim Muta’allim. 
                                                                                    


Berikut termasuk motivasi yang terdapat dalam kitab Ta’lim: 

1.     Niat yang Ikhlas semata-mata mengharapkan keRidhaan Allah SWT

Al-Zarnuji menggaris bawahi, hendaknya peserta didik selama menuntut ilmu haruslah dilandasi untuk mencari keridhaan Allah SWT, pendapat ini dilandasi hadits Muhammad Rasulullah SAW yang mengatakan “ Sesungghnya, sesuatu amal itu tergantung pada niatnya dan sesungguhnya bagi seseorang akan memperoleh apa yang ia niatkan”.

2.     Kebahagiaan Akhirat

Ditegaskan oleh Az-Zarnuji, selayaknya seorang pesrta didik dalam belajar dilandasi motivasi mencari kebahagiaan jangka panjang yaitu kebahagiaan Akirat.
Salah satu motivasi menurutAl-Zarnuji yaitu menghilangkan kebodohan yang ada pada diri sendiri. Merujuk dari pendapatnya tersebut, Konsekuensinya adalah setiap manusia tanpa terkecuali pastinya belajar dan terus belajar, hal ini dikarenakan manusia lahir ke dunia tidak mengetahui apa-apa. Sebagaimana dikatakan “Belajarlah kamu karena tidak seorangpun manusia lahir dalam keadaan berilmu, tidaklah sama orang yang berilmu dengan orang yang bodoh”. (Kholiq,tt;9)

3.     Menghidupkan dan Mengekalkan Ajaran Agama Allah

Motivasi belajar dalam kitab Ta’lim adalah dilandasi spirit (semangat) melestarikan ajaran islam. Yakni dengan cara mencari ilmu pengetahuan, sebab dengan mencari, mempelajari, memiliki serta menguasai ilmu pengetahuan akan memacu menghidupkan ajaran agama.

4.     Mensyukuri Nikmat Akal dan Kesehatan

Motivasi terakhir yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik adalah sebagai wujud dari tanda syukur atas dikaruniainya akal dan kesehatan yang diberikan Allah SWT kepada makhluk_Nya. Firman Allah SWT “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia (Allah) memberikan kepadamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur”. (QS.Al-Nahlayat : 78)


………….**********…………

Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu motivator belajar bagi kita semua,,,,,.. InsyaAllah…….
#Share & Like

No comments:

Post a Comment

UNTUK RENUNGAN BERSAMA

  TAZKIRAH PAGI INI UNTUK RENUNGAN BERSAMA بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ , الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُولِ ال...